Senin, 29 Juni 2015

7Jurus

7 Jurus Meraih Penghasilan Minimal 100 ribu / Hari dan MELIPATkannya

Kenapa 100 ribu/hari?
Mungkin banyak muncul pertanyaan kenapa mesti 100 ribu/hari? kenapa tidak jutaan, puluhan juta, ratusan juta hingga milyaran seperti kebanyakan sering kita lihat di seminar-seminar bisnis, Ya, karena saya pengen lebih realistis dan semua materi ini bisa dicerna oleh semua kalangan. Siapapun dia.

Ide awalnya berangkat dari keresahan serta kegelisahan banyak orang disaat memikirkan lapangan pekerjaan baik itu mereka yang sudah lulusan TK, SD, SMP, SMA , S1, S2 ,S3 dan S-teller sekalipun. Sehingga akhirnya ribuan orang buat lamaran kerja, ribuan orang antri PNS, dan ribuan lainnya pusing karena ditolak sana-sini.

Padahal kalau dipikir-pikir pekerjaan yang dicari oleh banyak orang tersebut tidak lain tidak bukan hanya untuk mendapatkan penghasilan minimal Rp.100.000,- / hari ( Minimal 3 Juta/Bulan) angka ini saya ambil dari UMR untuk wilayah jabodetabek yang berkisar 2.5 - 3 juta. Dan uang Rp.100.000,- ini sangat cukuplah untuk sekedar buat "dapur berasap" maksimal untuk keluarga dengan jumlah 2-3 orang tapi dengan catatan makannya yang sederhana ya.

Ya, keliatannya memang sederhana hanya buat "dapur berasap" tapi kenyataannya tidak sesederhana kelihatannya tak sedikit yang pontang-panting pusing 21 keliling yang memikirkannya. Makanya sengaja saya buatkan sedikit caranya untuk mendapatkan penghasilan minimal 100 ribu/ hari atau seminimalnya dapur berasaplah anda gak pusing lagi mikirin kebutuhan pokok sehari-hari. Setelah dapur berasap oke, nanti kita pelajari lagi cara melipatkannya tentunya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Anda mau? simak jurus-jurus berikut

1. Jurus 1 : Kemauan dan Keyakinan yang KUAT.

Anda mungkin sering melihat ada anak kecil usia 3-5 tahun dengan botol kecil dan beras didalamnya lalu ia turun naik bus mengamin dengan botol kecilnya terkadang nongkrong di lampu merah. Pakaiannya kucel ,wajah kusut. Di lain sisi kita juga sering melihat ada anak muda yang rela mengatur lalu lintas ditengah kepadatan mobil dan macet jalanan dan ditempat lain anak muda dengan gitarnya dan ditempat lain lagi ada anak muda dengan wajah seram naik bus tanpa gitar, tanpa alat musik hanya dengan modal "suara kerasnya" kadang baca puisi, ada juga yang curhat tentang hidupnya ya inti dari semuanya SATU TUJUANNYA yaitu mendapatkan UANG untuk memenuhi kebutuhan hidup hari itu.
Pernahkah anda berpikir kira-kira berapa penghasilannya sehari? banyak yang bilang penghasilannya bisa ratusan ribu, bahkan diberitakan pengemis dilampu merah aja bisa jutaan perhari, Woww,hehe.
Ya, Mungkin menurut anda cara-cara mereka diatas kurang elegan dan saya juga tidak mengajarkan anda untuk melakukan cara-cara diatas. Tapi yang patut kita pelajari adalah Kemauan dan Keyakinan mereka yang kuat dan bisa menghapus kemaluan (baca : Sifat Malu) mereka serta memunculkan kemampuannya. Itu Maksud saya.
Jadi sebelum masuk jurus kedua anda mesti punya kemauan dan keyakinan yang kuat dulu untuk bisa mendapatkan penghasilan minimal 100 ribu/hari. Siip?

2. Jurus 2 :Mulai dengan modal se-adanya.

Untuk studi kasus di jurus 2 ini saya akan ceritakan pengalaman saya membangun bisnis saya salah satunya yang ingin saya angkat disini adalah bisnis ke-7 Saya (6 Bisnis sebelumnya sukses ditutup). Yaitu toko buku saya nama pertamanya @GhaziStoreID ( Webnya : Ghazi Book Store). yang akhirnya melebarkan sayap melahirkan bisnis-bisnis sejenis diantaranya @JombloStoreID ( web : www.jomblostore-id) yang dikelola bareng rekan saya dan juga bisnis buku yang dikelola bareng mentor saya bang zar yaitu @BursaBukuID . Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan lumayanlah buat beli beras, garam serta popok anak hehe grin emoticon.
Nah awal mula buka bisnis online ini (1 tahun yang lalu) saya sama sekali belum punya gadget kayak Blackberry, Smartphone dan laptop sama sekali belum punya itu. Waktu itu alat komunikasi saya HP Nokia yang tipenya saya lupa (beli tahun januari 2010) jadullah pokoknya ditambah HP Smart Evdo yang beli dipameran harganya kalau gak salah pas beli dulu 350 ribu. Dengan modal itu mulailah saya berjualan buku dan dvd Islam. Jualannya online. Untuk promosi saya kerjakan di warnet saya jual di marketplace gratisan seperti tokobagus.com waktu itu, kaskus, blogger, wordpress,dan lain-lain. Sehari saya bisa lebih dari 7 kali bolak-balik masuk warnet hanya untuk mempromosikan di Facebook, Twitter, tokobagus dan lain-lain. Dan Alhamdulillah hampir tiap hari selalu ada order dan waktu seperti itu penghasilannya pernah diatas 300 ribu dalam satu hari dengan hanya modal seadannya.
Saya sengaja ceritakan ini karena ketika ketemu orang banyak yang ngeluh mau buka usaha apa, mau bisnis apa, bingung mau mulai dari mana ,Pas saya tanya ada laptop?, modem?, smartphone? jawabannya ada. Nah harusnya anda bisa melakukan hal lebih banyak serta lebih baik dengan amanah yang telah Allah titipkan pada anda.
So, Jurus 1 Cek apa saja fasilitas yang anda miliki dan bisa anda gunakan untuk mesin uang anda tidak harus dengan berjualan online seperti saya.

3. Jurus 3 : Berdaganglah

Nah jurus 3 jurusnya adalah berdaganglah...
Setelah anda cek semua fasilitas yang anda miliki dan analisa kira-kira cocok dagang apa, maka mulailah berdagang. Salah satu cara paling sederhana untuk memulai adalah dengan menjadi makelar, Kenapa makelar? karena modalnya sedikit bahkan nyaris tanpa modal kalau di online ada sistem dropship namanya. Jangan meremehkan ini ya, Rasulullah Muhammad SAWpun adalah seorang makelar, beliau menjualkan barang dagangan bunda khadijah. Jadi jangan sungkan-sungkan dan malu-malu untuk memulainya. Tipsnya untuk memulainya ada 3 berikut :

Tips Memulai berdagang
Cari produk yang paling laris dan paling dibutuhkan (ada 7 Jenis produk yang pasarnya tidak akan pernah mati selama dunia ada hehe)
Coba komunikasi dan kerjasama dengan suplier produk tersebut dan tawarkan kerjasama dropshipper jika mau jualan online
Kalau margin produk tersebut tipis maka carilah yang cepat repeat ordernya, kalau marginnya tebal / banyak maka carilah produk dengan kualitas bagus dan memang eksklusif
Nah itu jurus ke 3 Berdagang, action, jualannya gimana? ingat jurus ke 2, manfaatkan semua fasilitas yang kita miliki.

4. Jurus 4 : Pasar yang tepat

Seringkali saya melihat banyak yang salah target dalam berjualan, atau tidak tepat sasaran, ibarat orang menembak pelurunya tidak terarah ,alhasil ya buang-buang peluru.
Nah dijurus ke 4 ini ada hubungannya dengan jurus 2, Saya yakin 100% anda yang bisa buka blog ini pastilah minimalnya punya facebook, BB atau smartphone, sekarang analisa pasar anda (kontak di BB, Teman di facebook dan Follower di twitter). Lihat rata-rata mereka usia berapa, kira-penghasilannya berapa dan profesinya apa. Dari sini kita bisa melihat kemampuan daya belinya dan jadi bahan pertimbangan juga produk apa yang akan kita tawarkan serta berapa range harganya.
Contoh : Di kontak BB kita mayoritas mahasiswa baru (misal anda mahasiswa baru). Jumlahnya sekitar 150 orang. kira-kira kebayang produk apa yang mau ditawarkan? salah satunya mungkin binder sangat cocok bagi mahasiswa baru karena saya yakin 90% mahasiswa baru tentu membutuhkannya. Langkah selanjutnya tinggal anda buat penawaran yang sulit ditolak oleh mereka apakah itu diskonnya, harganya, kemudahan lainnya. Dan kita misalkan margin 1 buah binder adalah 30 ribu, berarti untuk mendapatkan penghasilan 100 ribu/hari maka setiap hari minimal kita mesti jual minimal 3 - 4 Binder. caranya? Gabungkan jurus 1 + Jurus 2 , Keyakinan dan kemaun yang kuat ditambah dengan manfaatkan segala fasilitas atau kalau perlu tiap hari berdiri di gerbang kampus tawarin tuh kesemua yang lewat. Intinya lakukan apapun itu caranya agar 3 binder terjual dalam 1 hari ,maka dengan sendirinya kreatifitas-kreatifitas anda akan muncul.
Begitu pula dengan produk lainnya. Kalau marginnya 100 ribu/produk tentu setiap hari minimal anda mesti jual minimal 1 produk.

5. Jurus 5 : Fokus

Nah ini yang jadi kelemahan banyak "pedagang" pemula yaitu susah fokus, tidak sabaran,pengen hasil Instan. Akhirnya yang terjadi adalah tidak fokus gonta-ganti dagangan. Hari ini jualan baju, besok jualan jam tangan, lusa jualan herbal, lusanya lagi jualan sepatu. Kalau seperti ini ya konsumen andapun bingung sebenarnya anda jualan apa, gak jelas. hehe.
Biasanya yang menyebabkan tidak fokus adalah produk yang dijual tidak laku dan kita suka gak sabaran, akhirnya terjerumus melihat "rumput tetangga lebih hijau" . Lihat orang jualan sepatu rame pengen nyoba juga, lihat orang jualan baju rame pengen coba juga jualan baju. Tapi ketika dicoba koq ga rame-rame.? Pusing hehe
Woi bro/sist...
Semuanya itu berproses, anda jualan hari ini target laku minimal 3 bisa jadi anda selama 1-5 hari pertama malah tidak laku-laku atau zero closing. Tapi ingat selama 5 hari anda sudah punya pengalaman dan pemahaman yang pasti makin meningkat tentang produk yang anda jual. Kalau belum laku-laku juga tinggal dikoreksi dalam cara dagang apanya yang kira-kira kurang tepat (catatan : anda telah memilih produk yang tepat ingat Jurus 3).
Disinilah butuh kesabaran bro/sist semua, sabar-sabar-sabar dan sabar sembari terus evaluasi dimananya yang kurang. Semua pedagang tentu menemukan pengalaman seperti ini. Jika anda cepat-cepat gonta-ganti bisnis yang rugi anda sendiri karena anda akan selalu belajar hal baru terus dan akan menemukan pola yang sama, barang ga laku ganti lagi jualannya.
Tapi setelah anda closing pertama, kedua ,ketiga dan keempat maka anda akan menemukan pola-pola pelanggan anda, pola cara menawarkan yang cocok, pola pelayanan yang tepat. Tapi pengalaman saya kalau Jurus 1,2 dan 3nya oke gak akan menunggu 5 hari. 20 Menit pertama bisa lansung closing sampai ratusan hingga jutaan . Ini pengalaman reseller @BursaBukuID 20 menit kurang setelah daftar jadi reseller beliau lansung BC dan akhirnya closing 700 ribu (Komisi sekitar 200 ribu).

6.Jurus 6 : Jurus Melipatkan

Nah dari penghasilan 100 ribu/hari tentu anda ingin melipatkan jadi 200 ribu, 400 ribu, 800 ribu dan seterusnya setelah ketemu polanya di Jurus 5. Di Jurus 6 ini jadi simple ini ada beberapa trik untuk melipatkan penghasilan :
Investasikan 10-20% keuntungan anda untuk biaya Marketing tujuannya apa? tujuannya adalah untuk memperbanyak calon pelanggan diantaranya adalah beli Website (WAJIB buat pengusaha Online, Iklan FB ads, iklan baris,dll) .Dengan meningkatnya calon pembeli anda tentu meningkat juga penjualan serta otomatis akan berlipat juga. Hitung-hitungan sederhanya begini. Kalau dengan calon pelanggan 100 anda bisa dapat penghasilan 100 ribu / hari, maka harusnya kalau dilipatkan menjadi 10 kali jumlah pelanggan maka potensi penghasilan anda bisa menjadi 1 juta/hari. Dan begitulah seterusnya. Makanya INVESTASI disini PENTING
Optimalkan setiap pelanggan anda (yang sudah beli), Buat mereka untuk melakukan repeat order dan berlangganan secara berkala kepada anda dan tawarkan juga mereka untuk menjualkan kembali (jadi reseller)
Tidak semua calon pelanggan kita adalah konsumen yang baik tapi ada beberapa diantaranya mereka adalah penjual yang hebat, Maka peluang bagi anda untuk menawarkan kerjasama dengan mereka untuk menjualkan produk-produk anda
Kira-kira itulah jurus 6 (Jurus Melipatkan)

7. Jurus 7 : Bertahan

Di jurus ketujuh ini simple, jurusnya adalah BERTAHAN...udah itu aja...
Pahami dan cerna maksudnya sendiri

Salam,
Surijanto Kumala


Tidak ada komentar:

Posting Komentar