Minggu, 19 Juli 2015

CaraLunasHutang

LUNAS UTANG ITU MUDAH 
(by Much Nasrulloh)


Penting agar anda tidak terlalu lama terjerat utang!!!!!!

Berbicara mengenai utang, sama seperti saya memutar kembali video2 perjalanan hidup saya, bagaimana selama 13 tahun harus selalu merasakan pahitnya orang yang menanggung utang.

Bagaimana terhinanya, setiap hari debtcollector mengantri minta "jatah". Dari yang ketuk pintu jam 3.30 pagi sampai yang gedor pintu jam 21.00 malam.

Jamu yang paling pahit didunia, masih kalah lebih pahit menjadi orang miskin yang menanggung banyak utang.

Kalau utang kita mampu bayar, atau minimal memiliki kemampuan untuk mencicil setiap bulan, tentu itu tidak menjadi masalah berat.

Yang jadi masalah adalah kita punya utang, tapi kita sudah tidak bisa membayar utang tersebut, atau mungkin bisa membayar tapi dengan cara menjual satu persatu yang kita miliki dirumah untuk membayar cicilan, sampai2 tidak terasa semuanya habis tanpa kita sadari.
Banyak orang kasih nasehat seperti ini:

"Asal kamu mau terus berusaha, maka utangmu pasti lunas!"

Apakah anda setuju dengan pernyataan itu? Kalau saya TIDAK. Iya, saya sudah membuktikannya, dengan berbagai macam upaya, dapat uang sih, tapi hanya cukup untuk menutup beban bunga, itupun malah kadang bunganya saja tidak ketutup.

Kalau utang anda itu kecil, mungkin nasehat seperti itu bisa diterima. Tapi kalau masalah anda besar, misal utang Rp. 1 miliar, bisakah pakai solusi diatas?

Saya kasih contoh saja, utang Rp. 1 miliar, maka bunga bank setiap bulan adalah 13,3 juta. Itu baru bunga, belum lagi angsuran pokoknya.

Jika saya asal berusaha, katakanlah "maaf", saya menjadi seorang kuli bangunan dengan gaji Rp. 1,2 juta/bulan, bisakah uang tersebut untuk menutup utang? Ah, bunganya saja tidak kebayar lunas kalau segitu penghasilannya.

Okelah, misal saya buka selama 24 jam toko saya, dan berhasil meningkatkan penghasilan menjadi Rp. 6 juta perbulan, apakah cukup untuk menyelesaikan utang? TIDAK. Bunganya saja tidak terbayar!
Itu adalah contoh orang yang memiliki masalah besar dan dia berusaha menyelesaikan masalahnya dengan berbagai usaha, iya, asal terus berusaha. Cara seperti itu pernah saya lakukan dan terbukti tidak berhasil.

Jika utang bunga saja sebulan Rp. 13,3 juta, sementara peghasilan kita kurang dari cicilan bunga, lalu mau sampai kapan utang akan lunas?
Konyol ga sih, sudah tahu penghasilannya saat ini tidak mampu untuk menyelesaikan utangnya, tapi setiap hari terus bertahan dengan cara yang sama, tindakan yang sama, dan pola pikir yang sama.

Jika masalah anda besar, maka jangan asal solusi yang anda cari, jangan asal berusaha yang anda lakukan.

MASALAH BESAR membutuhkan SOLUSI BESAR

Jika anda memiliki cicilan utang lebih besar dari penghasilan anda saat ini, maka ada upaya yang harus anda lakukan, yakni dengan cara memperbesar penghasilan.

"Ah, itu sih saya tahu!" Itu yang anda pikir? Kalau anda tahu, kenapa anda tidak melakukannya?

"Tapi saya bingung bagaimana caranya." Kalau masih bingung bagaimana caranya, berarti anda sama saja belum tahu.

Peningkatan penghasilan bisa dengan:
- Meningkatkan Pendapatan dari usaha kita saat ini, atau
- Membuka keran penghasilan baru yang menghasilkan pendapatan jauh melampaui nilai utang kita

Bagaimana caranya? Wah, ini akan panjang pembahasannya.

Saya kasih salah satu contoh:
Misal anda memiliki warung dan menjual rujak pedas untuk anak sekolah. Dari warung tersebut anda mendapat penghasilan Rp. 500 ribu perbulan. Padahal utang anda cicilannya adalah Rp. 1 Juta sebulan.

Maka PERBESAR SOLUSINYA, misal dengan "memperbanyak warungnya". Maksudnya adalah, anda bikin rujaknya dalam kemasan plastik yang bagus, dikasih label, dan dititipkan ke 20 warung jajanan. Kalau setiap warung jajanan menghasilkan hanya Rp. 200.000/bulan (karena anda mengambil untung tipis, sebab untuk dijual lagi), maka:
20 warung x Rp. 200.000,- = Rp. 4 juta/bulan.

Cukup ga buat cicilan utang? Tentu lebih dari cukup.

Jadi, pola pikir anda harus diperbesar dan diperluas. Jangan hanya berpikir sempit, kenapa warung saya sepi, tapi berpikirlah bagaimana agar jualan saya rame.

Apakah anda mulai "sedikit" menangkap apa yang saya maksud diatas?
Silakan tuliskan ide anda untuk meningkatkan penghasilan anda. Saya ingin tahu, apakah anda benar2 memanfaatkan secara maksimal kreatifitas dan inovasi yang anda miliki.

Semoga bermanfaat, silakan like/share/koment ya...thanks...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar