Minggu, 19 Juli 2015

JurusAntiBangkrut

JURUS ANTI BANGKRUT
(by Much Nasrulloh)


Apa yang paling ditakutkan oleh seseorang? Gagal dan Bangkrut!

Kalau gagal, tapi tidak sampai bangkrut sih tidak apa2, masih mudah bangkit lagi, paling tidak masih memiliki sesuatu untuk berdiri lagi. Tapi bagaimana jika sampai bangkrut?
Ah, mungkin akan mudah bagi seseorang memberi nasihat:
"Ayuh, coba lagi, mulai lagi dari NOL."

Saya kasih tahu, bangkrut itu artinya kondisi MINUS, bukan kondisi NOL. Kalau cuma memulai dari NOL, menurut saya sih mudah, bahkan teramat sangat sangat mudah buangettttt.

Bicara tetang kebangkrutan, saya merasa cukup kompeten untuk bicara masalah ini, karena saya sudah merasakan belasan kali. Bahkan kalau diitung dengan kegagalan2 "kecil", sudah berpuluh2 kali saya gagal, bahkan bangkrut.

Karena pengalaman itulah, maka saya menyadari 3 Prinsip agar anda tidak perlu mengalami puluhan kali gagal seperti saya.

Iya, 3 prinsip ini, saya sadari setelah kejatuhan, kesakitan, keterhinaan, keterpurukan, yang saya alami dahulu. Belajar dari pengalaman saya, bisa menyelamatkan anda dari Kegagalan, terutama dari kebangkrutan.

Entah ada seorang pengusaha, seorang pebisnis, seorang karyawan, atau mungkin anda seorang distributor MLM, saya yakin anda tidak ingin mengalami kegagalan / kebangkrutan.

Apa prinsip yang harus anda ketahui:

1. Tidak ada GAGAL, yang ada adalah BATU LONCATAN
Banyak orang, ketika mengalami kemunduran / kejatuhan didalam bisnisnya, mereka mulai merasa putus asa. Ada yang merasa bahwa dia tidak berbakat dibidang ini. Ada yang merasa bahwa bidang yang ditekuninya ini terlalu padat modal, mungkin juga terlalu sedikit pangsa pasar, atau juga terlalu banyak saingan, mungkin terlalu tipis margin/laba hingga tidak mampu menutup operasional, dan lain sebagainya. Ada jutaan alasan yang bisa dipakai untuk "membenarkan" kenapa bisnis anda bangkrut.

Ini MINDSET yang harus anda miliki, bahwa didalam bisnis: GAGAL ITU PASTI. Iya, silakan tanyakan kepada setiap pebisnis dimanapun yang mereka telah sukses, apakah mereka LANCAR tanpa pernah mengalami kegagalan? Tunjukkan 1 saja pengusaha sukses dijaman ini yang tidak pernah gagal, karena saya ingin sekali melihat manusia langka seperti itu.
Gagal itu adalah sebuah kepastian untuk mencapai kesuksesan. 

Jadi GAGAL berbanding lurus dengan SUKSES. Anda takut gagal, maka anda takut sukses. Anda menjauhi kegagalan, maka anda menjauhi kesuksesan. 

Kegagalan adalah sebuah batu loncatan untuk mencapai kesuksesan. Tanpa batu loncatan, bagaimana kita bisa mencapai kesuksesan? Semakin besar kegagalan, maka batu loncatan kita semakin besar. Semakin sering kita gagal, maka semakin banyak batu yang bisa kita pijak untuk meloncat mencapai kesuksesan.

Hanya saja, yang membedakan adalah CARA PANDANG terhadap kegagalan. Cara pandang itu ada 2:

a. GAGAL adalah sebuah TEKANAN
Ketika anda berpikir gagal adalah sebuah tekanan, maka anda akan terpuruk, putus asa, merasa tidak berdaya, merasa terhina, dan lain sebagainya. Pada akhirnya, gagal ini akan menghentikan langkah anda dan anda akan gagal MUTLAK. Terhina, terpuruk, dan bangkrut selamanya.

b. GAGAL adalah sebuah TANTANGAN
Jika anda berpikir gagal adalah sebuah tantangan, maka ketika anda terjatuh karena kegagalan, anda bukannya merasa putus asa dan berhenti, tetapi justru sebaliknya, anda akan semakin bersemangat untuk membuktikan kepada semua orang bahwa anda mampu, anda bisa. Mengingat kegagalan seperti menyalakan mesin turbo yang akan mendorong anda menjadi lebih cepat, lebih akurat, dan lebih hebat lagi. 

Jadi tidak ada kegagalan, yang ada adalah anda sedang membuat sebuah batu untuk anda meloncat lebih jauh dan lebih tinggi lagi. Mau anda gunakan atau tidak? Terserah anda.

2. Jangan BERHENTI, sebelum MATI
Banyak pebisnis, pengusaha yang baru mengalami sedikit masalah dibisnisnya akhirnya memutuskan untuk menutup usahanya tersebut. Kemudian orang ini akan membuka usaha baru lagi, dan bertemu masalah lagi, dan akhirnya tutup lagi. Buka usaha baru lagi, dan tutup lagi dan seterusnya. 

Saya pernah melakukan kekonyolan seperti itu. Oh, Bukan pernah tapi sering malahan.
Saya akan berikan anda nasihat, ketika kita memiliki suatu usaha, dan usaha anda mengalami masalah, perjuangkan dengan sekuat mungkin, sekreatif mungkin, seinovatif mungkin, belajarlah kepada mereka yang lebih berpengalaman mengatasi persoalan bisnis anda. Anda butuh mentor, agar anda tidak selalu salah melangkah. Bahkan biasanya bukannya melangkah, tapi malah langsung berhenti. 

Apakah anda tidak capek, memulai usaha baru lagi, berpikir dari awal lagi, belajar lagi, mulai dari NOL lagi? Jika anda selalu memulai dari NOL, dengan berganti2 bisnis, lalu kapan anda mencapai FINISH?

Selama masih ada nafas didalam bisnis anda, maka perjuangkan. Jangan langsung berhenti. Karena ada kalanya, ketika anda berhenti, sebenarnya saat itu anda sebenarnya akan sukses.
Bahkan, jika anda yakini bahwa bisnis ini sebenarnya bagus, maka sudah mati pun bisa anda hidupkan lagi. 

Apa tidak boleh ganti bisnis? Boleh, dengan syarat: bisnis anda sudah mati dan bisnis anda memang benar2 tidak memiliki potensi lagi.

3. JANGAN KELUAR DARI HUKUM ALLOH.
Jika anda sudah menyadari bahwa gagal adalah sebuah batu loncatan, dan anda juga sudah menyadari bahwa bisnis harus diperjuangkan dan jangan berhenti, maka anda butuh prinsip ketiga ini. Kenapa? Ini sangat penting untuk dijadikan landasan.

Jika bisnis anda ternyata adalah sebuah bisnis yang melanggar hukum Alloh, maka dapat dipastikan 2 hal:

a. Anda berhasil, tapi anda semakin terjerumus dalam dosa dan semakin jauh dari Alloh SWT. Jika ini yang terjadi, maka anda akan menjadi seorang pendosa dan pada akhirnya, anda pasti akan dibangkrutkan sebangkrut2nya. 

b. Anda gagal, maka itu tandanya Alloh SWT masih sayang pada anda. Jadi ketika gagal, introspeksilah, apakah bisnis anda selama ini melanggar syariat? Apakah cara2nya melanggar syariat? Jangan2 modalnya dari pelanggaran syariat, seperti riba, dll. Jika anda berhasil introspeksi diri, maka tidak sulit bagi Alloh membuat kita menjadi jauh lebih sukses dari sebelumnya.

Ingat, setiap kegagalan adalah sebuah cubitan kecil dari Alloh untuk kita ingat dan kembali introspeksi diri. Jadi bersyukurlah ketika anda gagal, artinya Alloh masih mau mengingatkan anda, agar anda bisa kembali ke jalan yang diridhoi Alloh SWT.

Prinsip ketiga ini adalah MASTER KEY, yang akan memastikan anda tidak akan pernah BANGKRUT, selama anda pegang kunci ketiga ini.

Semoga menjadi tanda kasih sayang dan ladang Ibadah untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar